Tuesday, May 4, 2010

Mau Bikin Rumah Sehat dan Nyaman Baca Tips Ini

Menjaga kesehatan tak hanya dari dalam tapi juga dari luar tubuh. Rumah sebagai tempat tinggal sehari-hari juga perlu diperhatikan 'kesehatannya'.

Bangun pagi atau pulang kantor kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Namun karena kesibukan, seringkali kita lupa untuk menjaga kebersihan rumah. Padahal jika tidak dirawat, rumah bisa menjadi salah satu sarang timbulnya penyakit.

Dapur

Kombinasi sisa makanan dan air kotor di dapur memiliki potensi untuk menjadi tempat berkembang biak bakteri. Selalu bersihkan sisa makanan dan air serta permukaan dapur dengan produk yang memiliki kandungan anti-bakteri. Untuk memaksimalkan penggunaan, jangan lupa membaca petunjuk yang tertera dalam label kemasan pembersih.

Untuk membersihkan peralatan makan, tukar spons lama dengan spons microfiber yang lebih aman. Selain itu, untuk pembuangan sampah gunakan tempat sampah berpedal sehingga mengurangi kesempatan sentuhan tangan dengan tempat sampah. Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan pipa saluran pencuci piring secara teratur untuk mencegah bakteri berkembang dan air kotor mengalir lancar.

Kamar Mandi

Pastikan menggunakan desinfektan atau pembersih pada semua tempat yang disentuh (wastafel, toilet, tombol lampu). Gunakan spons yang berbeda untuk membersihkan daerah toilet dan ruangan kamar mandi. Bersihkan sudut kamar mandi dan sudut-sudut di sekitar saluran pembuangan.

Bak mandi atau shower jangan sampai luput dari perhatian karena dua hal tersebut yang paling banyak disentuh ketika mandi. Selain membersihkan kamar mandi, alat-alat mandi seperti keset dan handuk wajib dicuci secara teratur dan dijemur setiap hari. Kain yang lembab dan kotor menjadi tempat yang subur untuk timbulnya bakteri.

Kamar Tidur

Kualitas udara kamar tidur sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Pastikan setiap hari ada sinar matahari langsung yang masuk ke dalam kamar. Kamar yang lembab dan kurang sinar matahari biasanya subur ditumbuhi kuman dan jamur. Jika kamar Anda menggunakan pendingin ruangan, pastikan filter AC Anda dibersihkan secara teratur paling lambat tiga bulan sekali. Mengganti seprei dan sarung bantal juga wajib dilakukan paling tidak seminggu sekali.

Ruang Keluarga

Seperti di kamar tidur, kualitas udara juga penting di ruang keluarga. Pastikan menyedot debu perabotan Anda paling tidak seminggu sekali. Untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan berbulu seperti kucing atau anjing, sebaiknya melakukan kegiatan penyedotan debu lebih sering lagi. Selain bulu yang menempel, kaki hewan peliharaan Anda kadang juga bisa disusupi kuman atau bakteri berbahaya setelah beraktivitas di luar ruangan. Untuk merawat lantai, tak ada salahnya menggunakan pembersih lantai yang mengandung anti bakteri dan virus.

2 comments:

Unknown said...

artikel yang menarik, salam kenal ya..saa juga bergerak dalam bidang bangun dan renovasi rumah...semuga sukses..
http://probangun.com/

reza hafif said...

terimakasih mas udah di share,mau coba dulu ah
Membeli rumah yang murah